Home Safety at Work Teknolgi Untuk Keselamatan Berkendara Terbaru Abad Ini

Teknolgi Untuk Keselamatan Berkendara Terbaru Abad Ini

0
SHARE
Teknolgi Untuk Keselamatan Berkendara Terbaru Abad Ini
Cevrolet FNR Ilutrasi Photo : acc.co.id

Teknolgi Untuk Keselamatan Berkendara Terbaru Abad Ini

ISAFETYNEWS-Produsen  mobil  dunia sekarang ini sangat pesat kemajuannya, pengembangan bukan hanya dilakukan pada tenaga pada mobil, emisi gas buang namun juga tingkat keamanan bagi pengendara pada saat mengendarai mobil. Tingkat keamanan pada kendaraan merupakan  faktor utama yang harus diperhatikan. Perusahaan mobil mulai mengembangkan teknologi seperti teknologiparkir, hingga pendeteksi kantuk, fitur fitur ini bukan hanya memberi kemudahan dalam mengendara bagi pengemudi namun teknologi ini semakin memberi rasa nyaman dan aman bagi pengemudi, terutama yang sedang dalam perjalan jauh. Berikut adalah beberapa fitur keselamatan pada kendaraan Abad ini

Drosiness Detector Isafetynews
Drowsiness Detector Ilustrasi Photo : isntagram @isafetynews

Drowsiness Detector
Jika kelelahan terdeteksi, sebuah ikon secangkir kopi dan pesan ‘Time for a rest?’ akan muncul di layar diiringi dengan bunyi yang memperingatkan pengemudi untukberistirahat.
Teknologi ini diterapkan oleh  Mercedes pada tahun 2010. Teknologi ini di kembangkan karena banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan karena mengantuk pada saat mengemudi dan pada kasusnya biasa terjadi di malam hari.

Pengemudi yang mengantuk juga biasa disebabkan kelelahan akibat perjalanan jauh.
Mercedes memberikan Attention Assist, sebuah sensor yang terus menerus memonitor lebih dari 70 parameter berbeda yang dapat mendeteksi tingkat kelelahan.

Lane Keeping Assist isafetynews
Lane Keeping assist Ilustrasi Photo : instagram @isafetynews

Lane Keeping Assist

Pada mobil Marcedes E-Class terbaru, terdapat kamera di kaca depan mobil yang berfungsi mengenali tanda-tanda di jalan (garis putih lurus atau putus-putus).

Jika sistem mendeteksi mobil berpindah jalur tanpa sengaja, roda kemudi akan bergetar tiga kali.

Mercedes terbaru E-Class, mobil ini yang telah menerapkan teknologi Lane Keeping Assist, teknologi ini berfungsi untuk memperingatkan pengemudi untuk tidak pindah ke jalur lain.

Ada semacam kamera pada fungsi kaca untuk mengenali tanda di jalan (garis putih lurus).

Jika sistem mendeteksi bahwa mobil perubahan jalur tidak sengaja, roda kemudi akan akan bergetar tiga kali.

 

wrong Way Driver isafetynews
wrong Way Driver Ilustrasi Photo : Instagram @isafetynews

Wrong Way Driver

Jika pengemudi tetap berada di jalur yang salah, pada sistem navigasi akan muncul peringatan dan peta yang menandakan jalur yang salah.

Teknologi yang dikembangkan oleh BMW ini memfungsikan untuk memperingatkan bahwa pengemudi masuk ke jalur yang salah.

Melalui sistem navigasi mobil, teknologi ini mengirim peringatan suara ataupun gambar jika berada pada jalur yang salah.

Jika pengemudi tetap berada di jalur yang salah, pada sistem navigasi akan muncul peringatan dan peta yang menandakan jalur yang salah.

infalatble set belt isafetynews
Infalatble Seat Belt ilustrasi Photo : instagram @isafetynews

Infalatbale Seat belt

Ketika sensor mendeteksi dampak kecelakaan,  kantung udara di dalam sabuk pengaman ini berisi gas dingin, yang dikompresi hingga mengembang untuk melindungi penumpang dari benturan.

Berbeda  dengan Mercedes Pada varian terbaru Ford Explorer, mobil-mobil yang diproduksi pada tahun 2010 atau di atasnya memiliki sabuk karet untuk melindungi penumpang yang duduk di kursi belakang. Jika sensor mendeteksi dampak kecelakaan, kantung udara di dalam sabuk duduk mengandung gas dingin yang telah dikompresi akan memperluas dan melindungi dampak dari tabrakan.

 

 

 

trafic jam cam isafetynews
Trafic jam Cam Ilustrasi Photo : Instagram @isafetynews

Traffic Jam Cam

Prangkat ini memungkinkan pengguna melihat kondisi lalu lintas di jalan raya saat ini dan jalan-jalan utama melalui video, bukan mengandalkan laporan dari radio lalu lintas.

Sekarang alat ini dijual sebagai sebuah aplikasi untuk perangkat genggam portabel, tapi akhirnya bisa diintegrasikan langsung ke dalam kendaraan. Teknologi ini dikembangkan oleh Visteon Jika pengemudi tetap dengan cara yang salah, pada sistem navigasi akan ditampilkan peringatan dan peta yang menunjukkan dengan cara yang salah.

 

Berbagai Sumber Safety Teknologi

Editorial : Aldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 6 =