Home OHS Penambang Emas Belum Bisa Dievakuasi,Tertimbun Longsor

Penambang Emas Belum Bisa Dievakuasi,Tertimbun Longsor

0
SHARE
ilustrasi-penambangan-emas-liar-tuguposcom-isafetynewscom

Penambang Emas Belum Bisa Dievakuasi,Tertimbun Longsor

Jakarta, ISAFETYNEWS.com — Musibah longsor terjadi di lokasi pertambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Sei Macang, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi, Senin (24/10) pukul 16.00 WIB. Akibatnya, sebanyak 11 penambang tertimbun longsor dan hingga berita ini diturunkan belum berhasil dievakuasi.

“Penambangan menggunakan metode membuat lubang jarum sedalam 30-50 meter. Terjadi hujan, air dan lumpur masuk ke lubang sehingga 11 orang penambang terjebak di dalam lubang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resmi hari ini.

Para penambang tersebut yaitu Tami berusia 45, Yongtok 30, Siam 28, Hamzah 55, Jurnal 21, Lukman 34, Guntur 34, Sito 25, Zulfikar 25, Herman 53, Erwin 44.

Sejumlah personel SAR gabungan yang terdiri dari TNI (Kodim Sarko), Brimob, Polres Merangin, BPBD, Basarnas, masyarakat, dan keluarga korban, telah dikerahkan untuk membantu evakuasi. Di antaranya dengan melakukan penyedotan air dan lumpur yang berada dalam lubang.

“Kedalaman lubang PETI mencapai 50 meter dan lokasi cukup jauh dari permukiman. Aksesibilitas terbatas,” kata Sutopo.

Tim SAR Gabungan dari BPBD Kabupaten Merangin, BPBD Provinsi Jambi, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan masyarakat terus melakukan upaya pencarian korban dengan melakukan penyedotan air dan lumpur.

Sumber : cnnindoneisa.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 8 =