Home Food safety FOOD HYGINIE AND HEALTH

FOOD HYGINIE AND HEALTH

0
SHARE
Ilustrasi Food safety : FHCnutrition.com

FOOD HYGINIE AND HEALTH

Ilustrasi Food safety : FHCnutrition.com
Ilustrasi Food safety : FHCnutrition.com

isafetynews.com-Memasak adalah hal yang biasa kita lakukan. Alasannya bisa soal, lebih sehat karena pakai bahan-bahan yang lebih segar. Masalah penyakit semacam diabetes kadang memaksa keluarga agar menyediakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi ataupun menghindari pantangan.

Food safety menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memasak baik di rumah maupun di restoran. Beberapa hal pentingnya adalah:

  1. Selalu cuci tangan sebelum dan saat memasak. Cuci bersih bahan makanan terutama daging atau ikan.
  2. Saat memasak untuk dikonsumsi orang banyak, perhatikan kuku-kuku tangan. Guntinglah pendek kuku tangan.
  3. Gunakan penutup mulut saat sedang flu atau betuk pilek untuk mencegah makanan terkontaminasi oleh dahak.
  4. Restoran dan hotel juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon koki, melakukan test darah dan xray dada.

Hasil masakan biasanya dikonsumsi banyak orang, tak hanya di rumah tapi juga di restoran atau café. Bagaimana dengan Food Hygiene? Karena cara memasak yang tak tepat malah akan membawa petaka. Beberapa penyakit yang disebabkan kebersihan; cara penyimpanan bahan makanan serta memasak yang salah adalah;

  1. Diare, bisa disebabkan makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri atau parasit .
  2. Hepatitis A; disebabkan virus yang mengganggu fungsi liver, disebabkan makanan atau air yang terkontaminasi, menyebabkan demam, jaundice/ sakit kuning, dan diare.
  3. Demam Typhoid; disebabkan bakteri melalui makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran; biasanya mengalami demam tinggi dan kematian bisa mencapai 20%.(Risa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 7 =