Home Advertorial SAFETY MAN “Safety Bukan Hanya Urusan Kami Yang Berbaju Merah”

SAFETY MAN “Safety Bukan Hanya Urusan Kami Yang Berbaju Merah”

0
SHARE

BALONGAN, ISafetyMagz.com – Kehadiran Safetyman dalam industri kilang minyak amat penting. Mereka salah satu ujung tombak bagi keberhasilan peningkatan budaya safety di Pertamina RU VI, Balongan.

Sebab di kilang minyak banyak terdapat bahan-bahan berbahaya yang sangat berpotensi terjadinya kebakaran, ledakan, pencemaran lingkungan, dan sebagainya. Repotnya, industri kilang minyak (yang mengolah minyak mentah menjadi BBM dan BBK) adalah industri yang melibatkan pekerja dalam jumlah tidak sedikit dan berlokasi tidak jauh dari laut dan pemukiman. Alhasil, jika terjadi insiden, maka tidak saja berpotensi mencederai para pekerja di kilang, tapi juga membahayakan area lingkungan di sekitar kilang. Karena itu, faktor keselamatan (safety) merupakan hal mutlak yang harus dilakukan.

Problemnya, bagaimana agar proses safety di industri kilang minyak itu berjalan sebagaimana mestinya mengingat banyaknya tenaga kerja yang terlibat dan tidak setiap pekerja memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama akan safety. Mereka pun bukan berasal dari satu perusahaan sehingga bukan perkara mudah dalam hal safety.

PT Pertamina RU VI Balongan,sebagaimana dijelaskan Sri Indra Bodiselaku HSE Section Head PT Pertamina RU VI, memang punya beragam cara guna mengatasi persoalan tersebut. Salah satunya adalah dengan pengadaansejumlah tenaga pengawas keselamatanyang kemudian dikenal dengan sebutan “SAFETYMAN”.

“Mulai dibentuk sekitar tahun 2010. Tugasnya adalah mengawasi proses safety di area kilang berjalan sebagaimana mestinya sehingga tidak terjadi insiden. Kira-kira seperti itu, Pak,” kata Sri Indra Bodi kepada ISafety di Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (20/6/2017). Menambahkan keterangan Sri Indra Bodi, Syarif Hidayat dari HSE menjelaskan bahwa Safetyman adalah pekerja yang dihire Pertamina guna menjalankan tugas pengawasan aspek-aspek keselamatan kerja, aspek-aspek HSE secara keseluruhan untuk menciptakan HSE excellence.

Tugas utama Safetyman adalah memastikan area kerja aman dan selamat serta tidak ada risiko terjadinya kecelakaan. Jumlah Safetyman di Pertamina RU VI saat ini ada lebih dari 60 orang yang terdiri atas 10 orang merupakan karyawan internal Pertamina dan sisanya adalah Safetyman yang berasal dari sejumlah perusahaan yang selama ini menjadi mitra kerja Pertamina RU VI (vendor) dan telah menjalani pendidikan dan latihan tentang safety dari Pertamina… (LIPUTAN LENGKAP MENGENAI “SAFETYMAN” DAPAT ANDA BACA DI: ISAFETY MAGAZINE EDISI JULI 2017.)

DOWNLOAD LINK MAJALAH DIGITAL: ISAFETY MAGAZINE JULI 2017 (klik di sini)

ISafety Magazine Juli 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 8 =